PENGANTAR
Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan bagian dari strategi meningkatkan capaian pendidikan. Disamping kurikulum, terdapat sejumlah faktor diantaranya: lama siswa bersekolah; lama siswa tinggal di sekolah; pembelajaran siswa aktif berbasis kompetensi; buku pegangan atau buku babon; dan peranan guru sebagai ujung tombak pelaksana pendidikan.
Orientasi Kurikulum 2013 adalah terjadinya peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap (attitude), keterampilan (skill) dan pengetahuan (knowledge). Hal ini sejalan dengan amanat UU No. 20 Tahun 2003 sebagaimana tersurat dalam penjelasan Pasal 35: kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati. Hal ini sejalan pula dengan pengembangan kurikulum berbasis kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu.
Sejumlah hal yang menjadi alasan pengembangan Kurikulum 2013 adalah (a) Perubahan proses pembelajaran [dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu] dan proses penilaian [dari berbasis output menjadi berbasis proses dan output] memerlukan penambahan jam pelajaran; (b) Kecenderungan akhir-akhir ini banyak negara menambah jam pelajaran [KIPP dan MELT di AS, Korea Selatan]; (c) Perbandingan dengan negara-negara lain menunjukkan jam pelajaran di Indonesia relatif lebih singkat, dan (d) Walaupun pembelajaran di Finlandia relatif singkat, tetapi didukung dengan pembelajaran tutorial
Sementara itu, Kurikulum 2006 memuat sejumlah permasalahan diantaranya: (1) Kurikulum belum sepenuhnya berbasis kompetensi sesuai dengan tuntutan fungsi dan tujuan pendidikan nasional; (2) Kompetensi belum menggambarkan secara holistik domain sikap, keterampilan, dan pengetahuan; (3) Beberapa kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan kebutuhan (misalnya pendidikan karakter, metodologi pembelajaran aktif, keseimbangan soft skills dan hard skills, kewirausahaan) belum terakomodasi di dalam kurikulum; (4) Kurikulum belum peka dan tanggap terhadap perubahan sosial yang terjadi pada tingkat lokal, nasional, maupun global; (5) Standar proses pembelajaran belum menggambarkan urutan pembelajaran yang rinci sehingga membuka peluang penafsiran yang beraneka ragam dan berujung pada pembelajaran yang berpusat pada guru; (6) Standar penilaian belum mengarahkan pada penilaian berbasis kompetensi (proses dan hasil) dan belum secara tegas menuntut adanya remediasi secara berkala; dan (7) Dengan KTSP memerlukan dokumen kurikulum yang lebih rinci agar tidak menimbulkan multi tafsir.
Tiga faktor lainnya juga menjadi alasan Pengembangan Kurikulum 2013 adalah, pertama, tantangan masa depan diantaranya meliputi arus globalisasi, masalah lingkungan hidup, kemajuan teknologi informasi, konvergensi ilmu dan teknologi, dan ekonomi berbasis pengetahuan.
Kedua, kompetensi masa depan yang antaranya meliputi kemampuan berkomunikasi, kemampuan berpikir jernih dan kritis, kemampuan mempertimbangkan segi moral suatu permasalahan, kemampuan menjadi warga negara yang efektif, dan kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda.
Ketiga, fenomena sosial yang mengemuka seperti perkelahian pelajar, narkoba, korupsi, plagiarisme, kecurangan dalam berbagai jenis ujian, dan gejolak sosial (social unrest). Yang keempat adalah persepsi publik yang menilai pendidikan selama ini terlalu menitikberatkan pada aspek kognitif, beban siswa yang terlalu berat, dan kurang bermuatan karakter.
Selanjutnya, seperti yang akan Anda temukan nanti, berbagai aspek dalam Pengembangan Kurikulum 2013 dapat Anda beri tanggapan melalui laman http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id ini. Anda dapat menggunakan kesempatan baik ini untuk memberi masukan, kritik, dan saran hingga tanggal 24 Desember 2012.
Untuk memaksimalkan uji publik serta agar setiap tanggapan dapat kami rekam dengan baik guna pengolahan lebih lanjut, pelaksanaan uji publik ini dilaksanakan dengan mekanisme sebagai berikut:
Anda diminta mengunduh rancangan Kurikulum 2013 yang tersedia dalam bentuk PDF pada lamanhttp://kurikulum2013.kemdikbud.go.id ini (klik disini untuk mengunduh).
Dalam setiap halaman rancangan Kurikulum 2013 tersebut, terdapat ruang untuk Anda memberi tanggapan.
Bilamana Anda hendak memasukkan tanggapan melalui laman http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id, kami minta Anda terlebih dahulu mengisi identitas diri dalam lembar isian yang tersedia.
Jika ada hal-hal yang ingin disampaikan lebih lanjut bisa melalui email: ujipublik.kurikulum@kemdikbud.go.id
Atas partisipasi Anda dalam Pengembangan Kurikulum 2013 kami sampaikan terima kasih. Untuk melanjutkan klik disini.
Salam,
Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Blog Archive
-
▼
2013
(134)
-
▼
June
(121)
- KlikAjaDeh-PTC - Lihat & Klik Iklan di KAD
- ZONA PPDB SMP DKI TAHAP 1 LOKAL 2013/2014
- LAPOR DIRI - BAGI YANG DITERIMA
- JUKNIS PADAMU NEGERI - untuk ADMIN SEKOLAH
- Puisi Perjuangan W.S Rendra
- Kalimat Majemuk Bertingkat
- Kalimat Tidak Lengkap dan Kalimat Lengkap
- 7 Perintah Perdagangan Aneh tetap terkena dalam BO...
- Make $300 on betonmarket without investing a dime.!!!
- PPDB - JALUR PRESTASI
- EDARAN - PENYUSUNAN RKAS 2013/2014
- EDARAN - PERSIAPAN-PELAKSANAAN PPDB 2013/2014 DKI
- PERMEN -LARANGAN PUNGUTAN DI SEKOLAH
- PERGUB NO. 17 TAHUN 2012 - RKAS
- Bisnis lokal yang paling BOOMING
- PANDUAN Praktis PEMBUATAN BLOG - BAGI PEMULA
- BIO DATA PESERTA DIDIK BARU (SSN - Dicoret)
- Jadwal Pelatihan Guru Sasaran - Kurikulum 2013
- Pelaksanaan dan Daftar Sekolah Pelaksana Kurikulum...
- Tawaran Mendikbud Bagi Sekolah Yang Siap Melaksana...
- INFORMASI PPDB SD NEGERI DKI 2013/2014
- KUNCI JAWABAN UKK SMP SEMESTER GENAP 2012/2014 DKI
- Pelatihan Guru untuk Kurikulum Tetap Jalan
- Guru yang Bisa Mendongeng Itu Hebat!
- Kompas Gramedia-Indonesia Mengajar Bergandeng Tang...
- Menjadi Pengajar Muda, Tak Mudah Meyakinkan Orangtua
- Pak Doe, "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa" Sungguhan...
- Kalah dari Vietnam, Internet Indonesia Harus "Ngebut"
- Misteri Pelaksanaan Sertifikasi Guru
- Financial freedom belumlah cukup untuk bahagia
- Pengenalan Inflasi
- SiHati Luncurkan SMS Gateway Komoditi
- Mendidik Anak ala Rasul Allah
- Jadwal KEBERANGKATAN Kereta Api Kelas Bisnis Di Pu...
- DAFTAR SMP SSN DKI JAKARTA (SMPN 230 GUGUR Tidak T...
- Tips Trik RUNBET BetonMarket
- Social Bookmark Page Rank Tinggi
- Bagaimana Cara Agar Postingan Cepat Terindex Google?
- PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DKI JAKARTA TAHUN 20...
- FUNGSI DAN TUGAS DEWAN PENDIDIKAN DAN KOMITE SEKOLAH
- Nilai dan Deskripsi Nilai Pendidikan Budaya dan Ka...
- Pendidikan Moral Pancasila Bangsa Indonesia yang h...
- ALASAN ORANG TUA KHAWATIR ANAKNYA PACARAN !
- Pendidikan Karakter Yang Berkualitas
- Menanamkan Pendidikan Karakter Bangsa sebagai Prio...
- Bagaimana Mengatasi " Kecanduan" Game pada Anak
- PROGRAM PENGEMBANGAN SDM
- INSTRUMEN KINERJA GURU
- PANDUAN ANALISIS BUTIR SOAL
- TUPOKSI PENGELOLA SEKOLAH
- UNSUR PENDIDIKAN
- Arti Pentingnya Pendidikan
- Menyoal Pendidikan
- Pengertian Pendidikan menurut para Ahli
- KOMPONEN BERKAS SERTIFIKASI (FORTOFOLIO)
- CONTOH PROGRAM KERJA SEKOLAH
- CONTOH SURAT UNDANGAN RAPAT DINAS
- UJI COBA KURIKULUM 2013
- KUMPULAN SOAL-SOAL CPNS
- Download Silabus Kurikulum 2013 (SD)
- Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Digital
- Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan ...
- Download RPP dan Silabus PENJASORKES Berkarakter U...
- Panduan Instalasi dan Penggunaan Aplikasi Penskora...
- Download RPP dan Silabus Bahasa Indonesia Berkarak...
- ALLAH TAK PERNAH MENCIPTA PRODUK GAGAL
- ACARA LAYANAN AKADEMIK DKI JAKARTA
- BIASISWA ITB UNTUK SEMUA
- CONTOH RKAS SD (LENGKAP)
- Pengertian RPP Silabus Berkarakter Kurikulum 2013
- KURIKULUM 2013 UNTUK SD (Draft Lengkap: Kompetensi...
- DOWNLOAD RPP BERKARAKTER
- YASUKI ZAINURDI (Album1)
- HASIL AKREDITASI SMPN 230 JAKARTA 2009
- RAPAT KERJA SEKOLAH (Sebuah Kenangan)
- TATA TERTIB GURU DAN PEGAWAI SMPN 230 JAKARTA
- SEBAR WEBSITE ATAU BLOG SECARA GRATIS - SUBMIT URL...
- SURAT EDARAN MENDIKBUD TENTANG BOS 2013
- KRITERIA KELULUSAN PESERTA DIDIK - PERMENDIKBUD NO...
- STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN - PP NOMOR 32 TAHUN 2013
- DAFTAR NAMA PTK HONORER K2 DKI JAKARTA 2013
- PERMEN: KOMITE SEKOLAH
- Standar Pelayanan Minimal (SPM) TK-SMP
- PEDOMAN DIKLAT PASCA UKA
- TATACARA PENGANGKATAN DAN PENETAPAN WAKIL KEPALA S...
- PEDOMAN KURIKULUM 2013
- KALENDER PENDIDIKAN DKI 2013/2014
- HASIL UJIAN NASIONAL SMP/MTs DKI 2012/2013
- PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUB...
- HASIL GURU, KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS BERPRESTAS...
- Mendikbud Minta Masuk SMA Tanpa Tes Tulis Karena P...
- PPDB Dengan Sistem Zona dan Kuota, Awas Jangan Sal...
- JADWAL PPDB 2013/2014 DKI JAKARTA
- Tentang ISI MATERI KURIKULUM 2013
- BAGAIMANA MENGUBAH FILE PDF MENJADI FILE WORD???
- LANGKAH-LANGKAH AKREDITASI ONLINE SEKOLAH/MADRASAH
- JUKNIS PENGISIAN DATA PTK
- PANDUAN PENGAWAS UN (Contoh)
- SUSAHNYA BERSIKAP BIJAK (???)
- Atasan memerlukan Bawahan
-
▼
June
(121)
0 comments:
Post a Comment